Zulhas Optimistis Industri Fesyen RI Bisa Kuasai Pasar Ekspor

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan Indonesia memiliki peluang yang besar dalam industri fesyen. Karena itu, ia optimistis industri fesyen Indonesia bisa menguasai pasar domestik hingga ekspor.

“(Peluang sektor industri fesyen) besar sekali. Kita kan jumlah dalam negeri saja besar ya. kan kita ini tumbuh ekonomi kita ke pasar domestik 50%. Antara lain tentu pakaian, jadi itu besar sekali (peluangnya),” kata Zulhas dalam keterangannya, Senin (23/10/2023).

Hal ini disampaikannya usai menghadiri dan turut membuka langsung gelaran pameran industri fesyen, Jakarta Fashion Week (JFW) 2024, di Pondok Indah Mall (PIM) 3 Jakarta.

Selain pasar domestik, Ketua Umum PAN ini juga mengatakan potensi yang dimiliki Indonesia juga bisa menjadi peluang industri fesyen Indonesia untuk ekspor ke kancah global.

“Kedua tentu peluang untuk ekspor ke dunia. Kita bisa maju kalau kita menguasai pasar dunia. Karena itu penting sekali. Kata kuncinya adalah kerja sama,” imbuhnya.

Zulhas juga mengatakan industri fesyen Indonesia juga berpotensi untuk menggaet kerja sama. Hal itu bisa dilihat dari capaian Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 yang digelar di Trade Expo Indonesia 2023 beberapa lalu. Dalam lima hari, gelaran tersebut tercatat berhasil mengumpulkan kontrak hingga U$S 20,1 juta.

“Kira-kira Rp 300 miliar. Yang TEI Expo-nya 5 hari tembus U$S 25,5 miliar. Jadi memang harus kita gencar. Selain menguasai pasar domestik. Tujuannya emang untuk menguasai pasar ekspor,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *