Smelter Freeport Rp 43 T Target Beroperasi Kuartal II 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Arifin Tasrif melakukan kunjungan kerja ke proyek peleburan baru PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jawa Timur, Jumat (29 Juli). Menteri Arifin mengaku puas dengan kemajuan pembangunan smelter di Freeport Indonesia.

Dia mengharapkan progres pembangunan gubuk saat ini kuat dari beberapa waktu lalu. Dulu groundbreaking presiden hanya untuk mencapai beberapa pil, sekarang menjadi 12.000 (pil) dan target akan menjadi 15.000 pada bulan September. Progresnya bagus dan semoga akselerasi ini bisa dipertahankan,” kata Arifin dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/7).

Saat ditanya tentang bentuk dukungan Kementerian ESDM untuk pembangunan proyek peleburan PTFI, Menteri Arifin menjelaskan bahwa pemerintah berupa regulasi pertambangan, regulasi dan Fredes Authentic.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

PT Freeport Indonesia Bolt saat ini sedang mengembangkan smelter baru berkapasitas 1,7 juta konsentrat tembaga DMT per tahun dengan nilai investasi sekitar 3 miliar USD atau sekitar Rp 43 miliar.

Ini merupakan smelter kedua PTFI dimana smelter pertama dibangun sejak tahun 1996 bersama dengan Mitsubishi membentuk perusahaan PT Smelting. Kapasitas PT Smelting saat ini sedang diperluas dengan tambahan kapasitas 300.000 konsentrat tembaga DMT per tahun.

Perkembangan saat ini mencapai 34,9 persen

Tony Wenas, Presiden Direktur PTFI, menyatakan progres pembangunan smelter hingga Juni 2022 sudah mencapai 34,9 persen dengan dana yang dikeluarkan US$1,15 miliar.

Penyelesaian konstruksi dijadwalkan pada akhir 2023, setelah kegiatan pra-komisi dan komisioning. Operasi smelter dijadwalkan akan meningkat dan meningkat pada akhir kuartal kedua tahun 2024.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Kami bersama pemerintah menggunakan kurva S dari rencana zonasi yang menjadi acuan penyelesaian pembangunan pondok. Sejauh ini, hingga akhir Juni 2022, kami sudah on track untuk memenuhi rencana yang telah ditetapkan dan target akhir tahun di kurva S,” jelas Tony.

Pabrik peleburan yang saat ini sedang dibangun akan menghasilkan sekitar 600.000 ton katoda tembaga dan rata-rata sekitar 35 ton emas per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.