Satelit Starlink Milik Elon Musk Masuk RI, Begini Penjelasan Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate menjelaskan masuknya satelit Internet Starlink milik Elon Musk di Indonesia. Eh, Starlink hanya bisa dioperasikan jika stasiun gateway dibangun oleh Telekomsat.

Johnny menjelaskan, pihaknya memberikan hak Khusus Labu Satelit Non Geostasioner (NGSO) kepada PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) sebagai backhaul enterprise user untuk mengoperasikan jaringan tetap.

Hak docking hanya diperuntukkan bagi Telkomsat untuk layanan kebutuhan backhaul grup Telekom,” kata Johnnya, Minggu, 12 Juni 2022.

Stasiun gerbang sepenuhnya diinvestasikan dan dimiliki oleh Telekomsat. Tanpa stasiun gerbang Telekomsat, satelit Starlink tidak dapat berfungsi sebagai backhaul.

Hak jangkar khusus untuk LSM harus memenuhi persyaratan hukum termasuk hak timbal balik dan dievaluasi setiap tahun. Hak jangkar memungkinkan Starlink menjual kapasitas satelitnya ke Telkomsat untuk memenuhi kebutuhan backhaul band Telkomsat.

Oleh karena itu, Telkomsat sedang membangun Gateway Station-Terrestrial Component untuk menerima layanan kapasitas satelit dari Starlink. Johnny melanjutkan layanan ini, menghubungkan layanan serat optik di tempat-tempat yang sulit dibangun serat optik.

Akibatnya, layanan dapat dijalankan melalui jaringan tautan gelombang mikro atau kapasitas satelit seperti Starlink. Bisa pakai microwave link atau satelit NGSO,” kata Johnny.

Leave a Reply

Your email address will not be published.